Minggu, 20 November 2011

Mengenal Kriptografi

Kriptografi???? Sebenarnya saya memposting tulisan ini semata mata terinspirasi dari sebuah film yang menceritakan tentang seorang hacker yang menguasai kriptografi dengan spesialisasi kriptografi linier yang disewa polisi untuk melawan musuh yang juga menguasai komputer. Iseng iseng saya surfing di internet mencari tau apa pengertian kriptografi dan inilah dia...
 
Kriptografi (cryptography) berasal dari bahasa Yunani, terdiri dari dua suku kata yaitu kripto dan graphia. Kripto artinya menyembunyikan, sedangkan graphia artinya tulisan.
Secara umum kriptografi adalah ilmu dan seni untuk menjaga kerahasiaan beritabruce Schneier - Applied Cryptography].  
Alat Kriptografi yang dipakai di Jerman saat Perang Dunia II
Kriptografi adalah ilmu yang mempelajari teknik-teknik matematika yang berhubungan dengan aspek keamanan informasi seperti kerahasiaan data, keabsahan data, integritas data, serta autentikasi data [A. Menezes, P. van Oorschot and S. Vanstone, 1996 - Handbook of Applied Cryptography].
  1. Kerahasiaan, menjaga isi informasi dari siapapun, kecuali yang memiliki otoritas atau kunci yang dipertukarkan.
  2. Integritas data, keutuhan data dari upaya mencegahan terhadap manipulasi, penyisipan ataupun penghapusan data oleh pihak-pihak yang tidak berhak.
  3. Autentikasi, identifikasi/pengenalan entitas, kerennya dikenal dengan handshaking.
  4. Non Repudiasi, pencegahan terhadap penyangkalan suatu informasi oleh sipengirim.
Content informasi / pesan umumnya dapat disadap oleh pihak lain yang tidak berhak untuk mengetahuinya. Maka dari itu, sebaiknya informasi tersebut diubah dulu  menjadi suatu kode yang tidak dapat dimengerti oleh pihak lain. Serunya, banyak sekali teknik-teknik yang digunakan untuk melakukannya.
Berikut istilah yang sering dipakai :
Enkripsi adalah sebuah proses penyandian yang melakukan perubahan suatu kode (pesan) yang semula bisa dimengerti (plainteks) menjadi suatu kode yang tidak dapat dimengerti (cipherteks). Sedangkan proses kebalikannya untuk mengubah cipherteks menjadi plainteks disebut dekripsi. Proses enkripsi dan dekripsi memerlukan suatu mekanisme (protokol kriptografi) dan kunci tertentu (simetrik/asimetrik).

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international voip calls